Artha Ratu Nauli

A woman. First daughter in family. An over-thinker. Adventurer. Dessert lover.
An engineer graduated from Petroleum Engineering ITB 2008.
Super random person you'll ever meet.

April 30, 2011

kita (harus!) bahagia



Siapa sih yang ga mau bahagia? semua orang pasti kan.

Apa yang kita akan dapatkan bila kita bahagia?
  •     meningkatkan kualitas penerimaan panca indera
  •     obat psikomotorik
  •     sistem imunitas yang lebih kuat
  •     menghilangkan rasa sakit.
itu dari segi kesehatan... daaaan efek penting selanjutnya dari bahagia adalah
  1.     memiliki hubungan manusiawi yang hangat
  2.     sukses dalam belajar dan karir
  3.     menikmati hidup
naaaaaaah, kalo gitu sih semua juga pengen. Saya pernah ikut training psikologi, disitu dikatakan bahwa bahagia itu ada rumusnya, dan rumusnya simpel kok: P + R = H
P = peristiwa
R = respon
H = hasil

dari rumus ini, yang paling mungkin untuk kita kontrol adalah RESPON.
Respon kita terhadap suatu peristiwa lah yang pada akhirnya menentukan hasil: kita bahagia atau tidak.

Ngomong doang sih gampang mbak, ngerasain doong...


Iya siih... adakalanya kesedihan itu  tidak bisa hindari. Normal kok. Namanya juga manusia. Malah aneh kalo manusia tapi udah gabisa ngerasa sedih lagi.
Tapi tapi tapiiii... Autorecovery dong. Sedihnya jangan lama-lama..

hmmmm . Autorecovery ..? Apalagi itu?

Sebenernya itu sih istilah bikinan saya aja.hehe.. Ya semacam 'menyembuhkan' diri sendiri gitu deh.

Kalo berdasarkan pengalaman pribadi, caranya adalah:
1. Berfikir dari berbagai sisi. Jadi ga cuma dari sisi diri sendiri aja.
2. Berbuat baik kepada sesama manusia.
    Cobain deh, saat kamu lagi ga bersemangat, semangatin teman-teman atau orang terdekat kamu.
    Atau ide lain,peluk apapun yang kalian sayangi, bisa itu teman,keluarga, dosen, anak kecil,bantal yang ada parfumnya(ehem,,hai,,hehe)
3. Ingat - ingat lagi nikmat yang udah kamu peroleh. Ingat - ingat lagi kebaikan dan kasih sayang terhadap kamu.
    intinya, BERSYUKUR.
4. Lakukan apa yang kamu cintai.
    kalo saya sih, wisata kuliner paling oke tuh.nyammm... kalo ngga, nyanyi - nyanyi sepuasnya. lalalaaa~ . eh sama olahraga juga !  :))
5. Berdoa, Banyak Dzikir, dan membaca Al Qur'an
    Kebahagiaan itu datangnya dari Allah lho, kalau mau bahagia, minta sama yang 'punya'..

bukan bermaksud menggurui, cuma berbagi pengalaman aja. Saya juga masih belajar tentang semua itu kok.. belajar belajar dan belajar.

Allah berfirman: "Siapa saja yang beramal kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan sedangkan dia dalam keadaan beriman maka Aku akan hidupkan mereka dalam kehidupan yang baik." (An Nahl:97)

HEYY ENJOY YOUR HAPPY LIFE YA ! :))

0 Kommentarer: