Artha Ratu Nauli

A woman. First daughter in family. An over-thinker. Adventurer. Dessert lover.
An engineer graduated from Petroleum Engineering ITB 2008.
Super random person you'll ever meet.

November 15, 2011

Pengen keren? sedekah!

Pernah gak kalian mikir begini: "ngapain sih sedekah-sedekah ngabisin duit aja'' 
atau "gue aja masih butuh uang,boro-boro ngasih sedekah
disatu sisi ga aneh sih kalau masih ada yang berfikir seperti itu..selama masih belum tau ada apa sebenarnya hikmah dan keajaiban dibalik sedekah.

Sedekah itu bukan sekedar amalan biasa. Bagi yang biasa kerjaannya ngitung-ngitung nih, biasanya anak teknik atau ekonomi atau jurusan lain,atau anak SD sekalipun, pasti sepaham bahwa 1+1 = 2, tapi di dalam 'rumus' sedekah, 1+1=11 atau bahkan 21 atau bahkan 111 dan seterusnya.
Nah lho kok gitu,berarti guru matematika kita selama ini salah dong.. Ya gak juga... Guru matematika kita dulu tetep bener kok.. cuma pemahaman kita tentang sedekah aja yang masih kurang... namanya juga rumus dari Allah,, ya suka suka Allah dong :)


Kenapa saya katakan bahwa sedekah itu bukan amalan biasa, bukan cuma aktivitas 'buang-buang uang', melainkan aktivitas yang justru memakmurkan diri sendiri dan orang lain.Okay biar rinci, saya jabarkan dulu pengertian sedekah yaa... bismillahirahmanirrahim....

Jadi, berdasarkan KBBI, eh masih inget kepanjangan dari KBBI kan? Kamus Besar Bahasa Indonesia, sedekah berarti pemberian sesuatu kepada fakir miskin atau yang berhak menerimanya di luar kewajiban zakat dan zakat fitrah sesuai dengan kemampuan pemberi; derma. 

Sedekah lebih luas dari sekedar zakat maupun infak. Karena sedekah tidak hanya berarti mengeluarkan atau mendermakan harta. Namun sedekah mencakup segala amal atau perbuatan baik. Dalam sebuah hadits digambarkan, “Memberikan senyuman kepada saudaramu adalah sedekah.”

Sudah jelas kan,selain memang sedekah itu dengan harta,bisa juga dengan hal lain,seperti menyingkirkan duri dari jalanan yang biasa dilalui orang,atau bahkan senyum pun sudah termasuk sedekah. Tapi untuk kali ini, saya coba ulas sedekah dalam lingkup uang/harta dulu aja ya...

Sedekah bukan cuma memberi pihak lain uang, lalu mereka akan senang. Gak cuma itu lho, walaupun memang yang menerima sedekah pasti senang, namun lebih utamanya disini malahan kitalah -pemberi sedekah- yang merasakan perasaan senang tadi. Kenapa? karena pertama, berdasarkan pengalaman pribadi,bukan bermaksud sombong lho.. tapi setiap kali telah melakukan sedekah, selalu perasaan tenang dan bahagia hadir. Otomatis. Lalu alasan lainnya, berdasarkan sumber yang saya baca,maklum ilmu saya yang masih dangkal ini, dalam sedekah tersimpan keutamaan yang begitu menakjubkan, diantaranya:
  •  Jiwa Yang Clean and Fresh.   
  Udah kayak slogan detergent aja. Tapi beneran lhoo..dengan bersedekah, secara ajaib akan muncul perasaan tenang di hati kita. Dengan hati yang tenang tentu akan menghindarkan kita dari perasaan gundah gulana,atau yang lagi ngetren sekarang: galau. Gak aneh sih, kan sudah jelas dibilang sama Allah dalam Al-Quran, yaitu:  
Ambillah zakat dari sebagian harta mereka , dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka , dan mendo`alah untuk mereka. Sesungguhnya dia kamu itu ( menjadi ) ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah (menjadi) ketentraman jiwa bagi mereka, Dan Allah Mendengar lagi Maha Mengetahui.“ (QS At-Taubah: 103)
Tuh udah jelas kan... makanya daripada galau gak jelas,terus update status facebook isinya galau-galau mulu, mending sedekah.

  • Pahala Plus Plus
Udah pasti,ada pahala yang disediakan oleh Allah tiap kali kita bersedekah, dan berita baiknya adalah, sedekah ga cuma menambah tabungan pahala kita, tapi juga mengurangi dosa, ga asal tulis lho, nih buktinya ada dalam surat An-Nisaa' ayat 114 yang berbunyi..
"Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisik-bisikan mereka, kecuali (bisik-bisikan) orang yang menyuruh bersedekah atau berbuat kebaikan atau mendamaikan di antara manusia dan sesiapa yang berbuat demikian dengan maksud mencari keredaan Allah, tentulah Kami akan memberi kepadanya pahala yang amat besar"
dan juga oleh hadist Rasullullah:
 " Sesungguhnya sedekah itu menghapus dosa, seperti air memadamkan api" (H.R Tharmizi)

Ya terus plus-plusnya manaaaa? manaaa? manaa dimanaaaa?

Nah plus-plus nya nih, sedekah dapat menghindarkan si pemberi sedekah itu dari kejadian buruk/bala atau kesialan..termasuk juga kematian yang buruk. Hah? apa?kematian yang buruk? hiii jangan sampe...orang cakep meninggalnya harus 'cakep' juga doongg 8)
Ini juga sumbernya dari hadist Rasulullah, yaitu
" Sedekah itu memadamkan amarah Allah dan menghindarkan diri dari kematian yang buruk"

  • Makin Banyak Uang
Ini nih yang gak kalah penting, terkait juga dengan yang saya katakan di bagian atas tadi, yaitu sedekah gak akan membuat kantong bolong, tapi malah bikin kantong jebol, karena saking penuhnya.hihi...*agak lebay yah*
Rasulullah saw, panutan kita, si ganteng dan gentleman, pernah bersabda:  
"Bersedekahlah kalian, karena sesungguhnya sedekah dapat menambah harta yang banyak. Maka bersedekahlah kalian, niscaya Allah menyayangi kalian." (Al-Wasail 6: 255, hadis ke 11)
Contoh nyatanya gini, berdasarkan sumber yang saya baca, misalnya kamu punya uang 1juta, terus disedekahin 100ribu, sisanya 900ribu kan... Tapi dengan kejaiban sedekah, uang yang 100ribu tadi bakal dikembalikan 10x lipat menjadi 1juta. Jadi uang yang kamu punya totalnya 1.9 juta. Mantab kan..
Dan lihat juga di akhir kalimatnya:  niscaya Allah menyayangi kalian. Jelas kan, kalau sudah disayang oleh Allah,sang pemilik kasih sayang, maka semesta dan isinya juga bakal sayang sama kita.. Termasuk juga, ehemm, sang dosen pembimbing skripsi, juga bakal sayang sama kita jadi skripsinya dilancarin deh..aheeyy!
Di zaman penuh tantangan seperti sekarang ini, mencari pekerjaan menjadi momok bagi sebagian orang, maka, kalau kata Uztadz Yusuf Mansur, "susah cari kerja? Sedekah dulu!"

Walaupun saat ini saya atau kalian yang belum pernah ngalamin gimana rasanya nyari kerja, mending kita mulai siapin diri dari sekarang, dengan mulai memperbanyak sedekah. Merutinkan,lebih tepatnya.


Nah fakta baiknya adalah bagi kita para pemula, sedekah itu ga perlu menunggu ikhlas dulu, karena kalau nunggu ikhlas, kapan sedekahnya? so, sedekah aja..lakukan. Soal keikhlasan itu urusan kita sama Allah, bukan berarti saya mempelopori buat gak usah ikhlas-ikhlas aja kalo sedekah, tapi ya sadar aja sih... malu sama Allah masa' sedekah tapi ga ikhlas.. ya gak..

ah tapi gue udah sedekah, ga diganti tuh uangnya sama Allah
eh iya, rizki disini gak cuma uang lho...bahkan lebih luas lagi, pekerjaan, nilai di kampus, sapaan hangat ibu kost, bantuan dari orang lain, kemudahan dan kelancaran hidup,dan sebagainya. Karena sungguh, rizki dari Allah itu tidakberbatas harta-benda..

Nah masih bingung gimana caranya buat ngilangin gundah gulana? sedekah aja..!
Mabok skripsi? sedekah aja..!
Lagi bokek? sedekah sasasaaajaaaaa..!





0 Kommentarer: