Artha Ratu Nauli

A woman. First daughter in family. An over-thinker. Adventurer. Dessert lover.
An engineer graduated from Petroleum Engineering ITB 2008.
Super random person you'll ever meet.

August 06, 2012

Petroleum System

Petroleum System merupakan sistem batuan di bawah permukaan bumi yang di dalamnya terkumpul sejumlah hidrokarbon. Komponen dari suatu Petroleum System terdiri dari:

1. Source Rock
Merupakan endapan sedimen yang mengandung bahan - bahan organik yang dapat mengahsilkan minyak dan gas bumi ketika endapan tersebut tertimbun dan terpanaskan. Pada umumnya source rock tidak dapat mengalirkan minyak karena batuan source rock merupakan batuan shale yang tidak porous dan impermeable. Secara simpel, sorce rock akan generate hidrocarbon, kemudian setelah hidrocarbon di dalam source rock tersebut 'matang', maka hidrocarbon tersebut akan ekspulsi keluar dari source rock, melewati dan batuan yang porous dan permeable, hingga saat menemui suatu seal, maka hidrocarcon tersebut akan 'terperangkap', yang kemudian akan dinamakan perangkap hidrocarbon (trap).

2. Maturasi
Maturasi (kematangan) adalah proses perubahan secara biologi, kimia, dan fisika dari kerogen menjadi minyak bumi.

3. Migrasi
Migrasi adalah proses transportasi minyak dan gas dari batuan sumber menuju reservoir. Proses migrasi berawal dari migrasi primer, yakni transportasi dari source rock menuju reservoir secara langsung. Migrasi sekunder (secondary migration), yaitu perpindahan minyak bumi di dalam batuan reservoir itu sendiri (dari bagian yang lebih 'bawah' menuju bagian yang lebih 'atas'). Ini dipengaruhi oleh tekanan hidrostatis dimana densitas minyak dan gas lebih kecil daripada densitas air formasi.

4. Timing
Waktu pengisian minyak dan gas bumi pada sebuah trap merupakan hal yang sangat penting. Karena kita menginginkan agar trap tersebut terbentuk sebelum migrasi, karena jika tidak, maka hidrokarbon akan terlanjur lewat dan tidak terperangkap.

5. Trap
Merupakan perangkap hidrokarbon. Terdapat berbagi jenis, yaitu perangkap stratigrafi,  perangkap struktur, dan kombinasi dari keduanya.

6. Seal
Seal adalah system batuan penyekat yang bersifat tidak permeable, sehingga tidak memungkinkan adanya aliran fluida melewatinya. Contohnya batuan lempung.


Jadi gitu deh, sekilas tentang petroleum system.. Ya kali aja ada yang search tentang Petroleum System, terus dapet tulisan ini.. Semoga bermanfaat yaa...

1 Comment:

ireminisces

Thanks for sharing about the oil system.

The Lion Of Allah & The Martyr Of Martyrs is my latest bloglet