Artha Ratu Nauli

A woman. First daughter in family. An over-thinker. Adventurer. Dessert lover.
An engineer graduated from Petroleum Engineering ITB 2008.
Super random person you'll ever meet.

October 10, 2012

B-A-H-A-G-I-A

Seorang dosen pernah menasehati mahasiswa bimbingannya begini: 
"yang penting kamu bahagia & tau apa yang bisa buat kamu fun". Fun--dalam makna yang baik, tentunya. :)

Yap. Kondisi yang baik, dalam arti situasi hati dan fikiran yang gemilang, adalah bahan utama dalam menjalani apapun. Ya, apapun.

Dalam keluarga, itulah mengapa anak-anak dari keluarga yang bahagia akan lebih mudah untuk berkembang dan meraih prestasi yang baik, baik dari segi prestasi akademik maupun prestasi yang lainnya. (harap tidak menyama-artikan 'bahagia' dengan 'makmur' atau 'kaya-raya', walaupun bisa saja terjadi pada kondisi yang sama). Orangtua dan keluarga yang bersatu dan mengayomi, lingkungan tempat tinggal yang ramah, dan sebagainya, yang walaupun itu juga bukan suatu syarat mutlak.

Lalu bagaimana apabila seseorang yang ditakdirkan berasal dari lingkungan yang 'kurang bahagia'? Tentu kita sudah sangat tau bahwa seseorang tidak pernah meminta untuk lahir dimana, oleh rahim siapa, di lingkungan apa. Seorang anak yang lahir di daerah konflik, apakah dia meminta untuk itu? Tidak. Seseorang yang lahir di keluarga yang serba kekurangan dari segi materi? Apakah ia meminta untuk itu sebelum ia lahir? Tidak.

Dari sini juga perlu diiingat bahwa bahagia itu sederhana. Bahagia itu sesungguhnya tanpa syarat. Jadi, bagaimana pun keadaan kita saat ini, kuncinya adalah bersyukur. Set dirimu sebahagia mungkin. Karena pada dasarnya bahagia itu adalah respon dari suatu peristiwa. Peristiwa yang sudah terjadi tidak dapat kita ubah, namun respon kita terhadap itulah yang dapat kita atur. Syukuri apa yang ada, hidup adalah anugerah, kata D-Massive. Bener sih. Kunci bahagia itu cuma satu, bersyukur. Bersyukur atas apa yang terjadi, mencoba mengambil hikmah dari setiap peristiwa. Sharing the happiness or making others happy is also the way to make your self happy. :)

Sesungguhnya bukan hasil yang baik yang membuat kamu bahagia, tetapi dengan berbahagialah kamu akan memperoleh hasil yang baik. 

0 Kommentarer: