Artha Ratu Nauli

A woman. First daughter in family. An over-thinker. Adventurer. Dessert lover.
An engineer graduated from Petroleum Engineering ITB 2008.
Super random person you'll ever meet.

September 13, 2013

4 x 4

Ini adalah kali pertama saya belajar mengendarai mobil berjenis 4 x 4. Salah satu jenis mobil yang memiliki dobel gardan. Biasa digunakan untuk medan - medan sulit.

Bekerja di remote area memang membuat kami harus bersahabat dengan kondisi lingkungan ekstrem, jalan tanah penuh lumpur, batu, dan pendakian - pendakian curam. Sehingga memang kendaraan jenis inilah yang cocok untuk digunakan.

Sebenarnya mengendarai kendaraan roda 4 bukan hal asing sih, tapi untuk yang dobel gardan? hmm... Etapi impian sejak lama sih pengen bisa bawa kendaraan jenis ini. Adventorous. Hehe

Jadi beberapa hari yang lalu kantor mau ngadain training berkendara offroad. Tentu saja saya langsung daftar.
Saya jadi tau kalau ternyata ada banyak sekali teknik dalam  berkendara di offroad ini. Intinya selama kita sesuai dengan teknis, mengenal kemampuan kendaraaan, insyaAllah aman aman saja. Dan ternyata tidak seseram yang dikira kok. Lebih aman dan seru malah.

Diajarkan mengenai teknik - teknik pengereman, yang terdiri dari threshold, stab, dan squeeze. Lalu teknik pendakian di tanjakan sangat curam, mundur di tempat curam, jalanan (kolam) lumpur, dan sebagainya. Intinya dalam offroad driving ini harus sabar, jangan memaksakan gas, dan biarkan perputaran mesin dan roda sebagaimana mestinya.

Jadi ga sabar pengen offroad driving diluar schedule kerja. Komunitas offroad kali ya?

0 Kommentarer: