Artha Ratu Nauli

A woman. First daughter in family. An over-thinker. Adventurer. Dessert lover.
An engineer graduated from Petroleum Engineering ITB 2008.
Super random person you'll ever meet.

July 29, 2011

haiii.. mahasiswa tingkat akhir

Heyy saya telah berstatus sebagai mahasiswa tingkat akhir lohh..! Alhamdulilaaahh akhirnyaaa.. *terus?

Ga kerasa banget. Padahal rasanya masih kemaren pake seragam putih abu-abu, mengikuti bimbingan belajar, ngerjain latihan soal snmptn, buka pengumuman kelulusan, keterima di FTTM ITB, ikut orientasi kampus, melewati masa-masa TPB (bagi kamu yang anak ITB pasti tau masa TPB itu gimana), lonjak-lonjak kegirangan pas keterima di Program Studi Teknik Perminyakan ITB, ospek jurusan, praktikum Fluida Resevoir (praktikum pertama di jurusan perminyakan tuh), danlainlain , danlainlain, danlainlain. Tau tau sekarang udah tingkat akhir ajaa... huaaaaaaaaa
Sujud syukur bagimu Ya ALLAH....berikan kami bimbinganMU...

Antara excited, sama ngeri juga. Bukan ngeri siihh.. ummm apa yaa...sebangsa...yaa...yaudah ngerinya dikasih tanda kutip ('...') aja deh.
Excited karena berarti insyaAllah kuliahnya tinggal sebentar lagi, 'ngeri' karena tugas dan tanggung jawab yang diemban semakin besar. 

Tingkat empat dalam masa perkuliahan di Teknik Perminyakan ITB adalah masa dimana mahasiswa sudah berkewajiban untuk menentukan dirinya lebih fokus di bidang apa,mau Teknik Pemboran, Produksi, Reservoir, atau Geothermal. Bukan buat perkuliahan di kelas sih..kalau perkuliahan di kelas mah semuanya sama, dipelajari semua.. Tapi buat ngambil tema Tugas Akhir (kalau di perguruan tinggi lain biasanya disebut dengan skripsi).

Nah biar lebih enak, saya kasih gambaran deh masing-masing pembagian dalam Teknik Perminyakan itu apa aja dan pelakunya gimana aja.
  • Teknik Reservoir
Untuk bidang ini, biasanya berurusan dengan 'rumahnya' minyak di dalam perut bumi (Okay, karena petroleum engineering ga melulu minyak, tapi bisa gas maupun geothermal juga, jadi disini mari kita sebut saja Hidrocarbon untuk minyak dan gasnya) Seperti menghitung jumlah cadangan hidrocarbon dan geothermal yang ada, hidrocarbon dan geothermal yang dapat diproduksi, jenis hidrocarbon dan geothermal beserta karakteristiknya maupun karakter reservoirnya, memperkirakan lamanya produksi, dan masih banyak lagi. Biasanya para Reservoir Engineer ini 99% bekerja di ruangan,'agak' jarang ke lapangan. Paling cocok buat cewek sih sebenernya...
  • Teknik Pemboran
Ini bidang yang membuat saya begitu tertarik. Bahkan sebelum belajar teknik operasi pemboran, saya sudah tertarik. *lho kok bisa? ya bisa.. hehe.. 
Setelah belajar dan mendengar cerita dari senior - senior, ternyata benar ya seru dan keren aja. Terutama tantangannya itu lhoo...
Untuk bidang ini, lebih bertitik berat pada Perancangan serta Operasi Pemboran. Bekerja dengan data lokasi atau kordinat 'target' alias areal yang mengandung minyak dan gas maupun geothermal yang ditemukan dan ditentukan, biasanya oleh geologist dan atau geophysicist. Dari data yang ada tersebut, barulah orang dari Drilling Engineering ini 'beraksi'. Membuat sumur minyak, gas,maupun geothermal secara aman, dan lagi - lagi efisien. Biasanya bidang ini yang paling banyak menyedot biaya, waktu, dan yang paling pasti adalah resiko tinggi. Dengan pertaruhan jutaan dollar, tersitanya waktu dan energi karena disamping mesti ke lapangan (ga semua drilling engineer sih ke lapangan terus), dan dituntut untuk berfikir cepat,akurat,dan praktis. Tidak heran apabila orang yang bekerja di bidang ini dihargai 'lebih', yaa..sebandinglah dengan pekerjaannya. Time means dollars and life banget disini.
Biasanya mahasiswa yang memilih tema Tugas Akhir Teknik Pemboran ini wisudanya 'agak' lama karena memang disamping proses ini bukan lah perkara yang mudah, dosen yang killer, juga proses penelitiannya ga bisa sekejap mata. 
  • Teknik Produksi
Bidang ini, ya sesuai namanya,'Produksi'. Jadi ya berorientasi pada segala hal yang menyangkut sistem pemproduksian 'harta berharga nya bumi ini'. Bagaimana memindahkannya dari dalam perut bumi ke permukaan secara aman dan efisien. Efisien secara waktu, teknis, dan ekonomis. Meliputi metoda apa yang digunakan, keputusan apa yang harus diambil dengan cepat dan tepat agar produksi dapat berjalan lancar dan sesuai target,dan membuat analisis dalam segala hal yang terjadi dalam proses pemproduksian migas dan geothermal ini. Biasanya orang-orang di dalam bidang ini juga masih ke lapangan..
  • Teknik Geothermal
Ini dia, mata kuliah yang dibimbing oleh satu-satunya dosen wanita di Program Studi Teknik Perminyakan ITB tercinta ini.  :))
Geothermal, berarti panas bumi. Ya... panas (heat) yang secara alami dihasilkan oleh bumi. Yang kemudian digunakan sebagai sumber energi. Di dalam geothermal ini sendiri juga ada reservoir geothermal, pemboran geothermal, dan produksi geothermal. Walaupun ga terlalu jauh berbeda dengan pada minyak dan gas, tapi ya adalah bedanya... kalo saya jabarkan disini, bisa jadi satu buku. :D
Intinya adalah seorang yang berkonsentrasi Geothermal ini, akan mengurusi masalah-masalah yang berhubungan dengan panas bumi, seperti yang saya katakan tadi, bisa itu reservoirnya, pemproduksiannya biar efisien dan optimal itu gimana,serta analisis dan perhitungan lain yang menyangkut lapangan Geothermal.

Nah begitulah sekilas tentang pembagian tema Tugas Akhir yang mau ga mau harus dipilih oleh kami, si Mahasiswa Tingkat Akhir. :)

Secara garis besar banget, sebesar garis marka jalan, ya pembagiannya 4 tadi, tapi di dalamnya lebih dari itu, ada juga EOR (Enhanced Oil Recovery) yang merencanakan serta memperhitungkan metoda dalam peningkatan perolehan minyak, atau ada juga simulasi simulasi, ataupun membuat rumus - rumus baru untuk lapangan tertentu, sampai Tugas Akhir yang di perusahaan juga ada, jadi kita menganalisa problem di lapangan mereka gitu...

Galau? pastinya....karena pada dasarnya semua bidang disini kami cintai dengan teramat sangat. Disuruh milih salah satu begitu adalah hal yang rrrrruaaarrrrr biasaaa beraaatttttt *lebay*
Mohon doanya agar lancar ya...
  
Bismillahirahmanirahiimm....




*big hug to my family 'Teknik Perminyakan ITB 2008
:* :* :* (sampai 101x)





4 Kommentarer:

Novi Pratiwi Lestari

Kak mau tanya nih, kalo masuk teknik perminyakan, buat cewe cocok gak sih? Trus kalo masuk sana, apa kimia fisikanya harus jago? Thanks :)

Artha Ratu Nauli

hai novi...
cocok atau enggak tergantung karakter personal yaa... tapi so far sih yg aku rasain enjoy aja.. seruu malah..
untuk ilmu di teknik perminyakan, memang turunan dr matematika dan fisika..sama ada juga hafalannya...
ayoo tertarik masuk perminyakan? :D

Novi Pratiwi Lestari

Oh gitu ya kak :) , jadi kalo mau masuk TM harus jago matem ama fisikanya gitu? Hehe iyaka insyaAllah, cita2nya udah mentok pengen masuk TM itb insyaAllah :) tapi temen-temen banyak yg khawatir soalnya aku kan perempuan. Nah darisana aku bingung jg dan minta saran dari kaka:)

Novi Pratiwi Lestari

Nah ka, buat masalah matem ama fisikanya, aku masih kurang hehe. Apa aku bisa masuk TM ? :D
Thanks :)