Artha Ratu Nauli

A woman. First daughter in family. An over-thinker. Adventurer. Dessert lover.
An engineer graduated from Petroleum Engineering ITB 2008.
Super random person you'll ever meet.

August 12, 2011

Balada si anak KP: berangkat lalu nyampe

Sebenernya ini cerita kemaren kemaren kemaren.  Baru sempet nyeritain sekarang. Maap yakk..  
Ketika di jakarta, sebelum berangkat , ketemu ibu-ibu: 
Ibu (I) : Mau ke mana dik? 
Saya (A) : Ke Kalimantan bu.. Balikpapan. 
I: Wah jauh ya.. Ngapain kesana dik? 
A: kerja pratek bu.. 
I: ooh kuliah di kedokteran ya jauh juga prakteknya. 
A: ngggg....... *hening* gara-gara ada kata 'praktek'nya niih... (kalo dilanjutkan bakal butuh ngejelasin panjang lebar deh ke itu ibu-ibu)  

Jadi saya jelasinnya disini aja ya, berharap si ibu-ibu yang saya temui itu baca. Mihihihii :) 
Dear Ibu-ibu-yang-saya-temui-itu,  Kenapa saya ke Kalimantan,karena pengen dan harus,Bu.  Begini, di jurusan saya, Teknik Perminyakan ITB , diwajibkan untuk melakukan kerja praktek, yang biasanya dilakukan di akhir tahun ke-tiga. Jadi kami disini kerja praktek. Ga pake KKN seperti di universitas lain.   

Harus,karena kerja praktek adalah salah satu 'ritual' wajib untuk bisa lulus. Ada SKS-nya juga.
Pengen, karena saya ga mau KP di jawa apalagi sumatera. Boseh ajahh :p .. Sempet kepikiran ke papua malah, tapi kok agak serem ya. Maka dari itu terpilihlah kalimantan sebagai tempat yang saya inginkan buat KP. 
Tuh Bu.. jelas kaaann... saya ini mahasiswa teknik...di jurusan yang super keren loh buu.. *narsis..cinta jurusan sendiri gapapa kaaan? hehe alhamdulillah yahh... :p  

Saya berangkat dari Bandara Soekarno Hatta pukul 07.00 wib dan nyampe Bandara Sepinggan Balikpapan pukul 10.30 wita.  Hampir selama kira-kira 80% dari total waktu perjalanan udara saya gunakan untuk tidur. Ngantuk banget. Dan baru terbangun lagi ketika udah hampir nyampe di Balikpapan.

Setibanya di Balikpapan, saya langsung keluar untuk make sure kantor perwakilan perusahaan tempat saya kerja praktek ini posisinya dimana. Karena menurut instruksi dari mentor KP saya, katanya langsung aja konfirmasi ke kantor perwakilan yang ada di bandara dan nanti bakal ada mobil jemputannya. 
Saya kerja praktek ini di Kalimantan Timur, tepatnya di Muara Badak. Lapangan XXX (nama lapangan harus disamarkan. Kayak judul TA. Aseekk).
Jadilah saya sempet mencari-cari, dan berakhir di meja informasi, dan diberitahu kalo kantornya ada di lantai atas. Hoooo pantessan ga ketemuuu...  

Fix sudah mengenai kantor perwakilan. Saya ga langsung kesana, tapi balik lagi ke dalam buat ngambil koper. Agak lama juga sih ni koper keluarnya. Setelah  itu baru deh saya ke kantor perwakilan tadi , konfirmasi nama,institusi,dan bla bla bla, dan akhirnya beres.  Dari situ sambil nunggu pukul 13.00 ,karena petugasnya bilang berangkat ke Muara Badaknya pukul 13.00, saya manfaatin dong.. 

Jalan-jalan liat - liat Bandara Sepinggan. Ga segede Bandara Soekarno Hatta sih emang.. Agak mirip bandara Adi Soecipto di Yogyakarta. Mungil. 

Dari situ , saya sempet juga mampir di Roti Boy, beli buat persiapan takutnya malah buka puasa di jalan. Dari liat-liat bandara dan beli rotiboy,waktu sudah menunjukkan pukul 12.00 wita.  Bergegas nyari musola, dapet, eh ternyata enak musolanya. Sambil nunggu adzan dzuhur yang pukul 12.20-an wita, ngadem duluuu... :D  

Trus udah adzan dzuhur,shalat, lanjut ke kantor perwakilan tadi lagi.  Jam 13.00 wita teng. Berangkat ke Muara Badak. Perjalanan memakan waktu total sekitar 4 jam. Dari balikpapan melewati samarinda dulu, sempet ngeliat sungai Barito loh. Takjub.
Ya,sungai inilah yang kemudian menyumbangkan penghidupan kepada bangsa ini melalui endapannya yang menjadi reservoir dengan hidrokarbon yang melimpah. Terimakasih Baritoooo :*

Sekedar info, Kalimantan juga panas. Tapi kalo menurut saya sih ga sepanas ibu kota. Kalo Jakarta panasnya nyebelin.Panas iya. Gerah banget. Emang ya dasar manusia bisanya ngeluuuhh ajaa...  :p  

Nyampe di Aareal kerja PT.xxxx Indonesia, pukul 17.00-an wita. Dari situ lagi-lagi langsung konfirmasi ke bagian frontdesk nya. Dikasih kamar (dalam bentuk kunci lah..ga mungkin kamarnya yang ditenteng-tenteng. Garing lu tha! Haha ) dan kartu makan. Lalu dari situ dianterin juga ke kamarnya. Pas masuk , ternyata sudah ada dua orang anak KP juga yang udah dateng satu minggu sebelum saya. Anak teknik kimia dari salah satu perguruan tinggi di Malang.  Pokoknya nyampe kamar itu udah pukul 18.00 wita.   

Pas buka, kita pilih minum dulu dan shalat magrib dulu, baru deh ke ruang makan.  Balik ke kamar kira-kira pukul 20.30 wita. Lama ya.. kan nyantai.hehe. Abis itu baru deh mandi,lanjut ngobrol sama dua orang teman satu kamar saya tadi, liat mereka ngerjain tugas yang dikasih sama mentornya. Shalat taraweh. Liat - liat dunia maya dengan sangat-sebentar-banget. Dan Tidur.  

Kesimpulannya,  First sight of Kalimantan Timur. Quite good. Panasnya saya suka.  

Lagi-lagi dan terus menerus hamba ucapkan terimakasih atas nikmat yang selalu Engkau berikan Ya Allah..






*diupload di sela-sela waktu menunggu berbuka. Dari kamar. Muara Badak Central Area. Masih berseragam formal lengkap. Tapi udah lepas sepatu boots dan helmnya kok :D

0 Kommentarer: