Artha Ratu Nauli

A woman. First daughter in family. An over-thinker. Adventurer. Dessert lover.
An engineer graduated from Petroleum Engineering ITB 2008.
Super random person you'll ever meet.

August 12, 2011

Balada si anak KP : hari pertama

Review dikit, jadi saya kan nyampenya jam 17.00-an sore tuh. Naahh..keesokan harinya, tanggal 11 agustus 2011, adalah hari pertama Kerja Praktek mantab ini. Pagi sekitar pukul 07.30 saya sudah siap. Dengan setelan kemeja rapi. Pake ransel berisikan laptop dan notes buat kalau-kalau perlu nyatet sesuatu.

Pagi itu, saya ke HR dulu. Human Resources. Buat konfirmasi sekali lagi kalo saya udah dateng ke site ini dan siap buat KP. Dengan surat keterangan kesehatan di tangan, pergilah saya ke kantor bagian itu. Sampai disana, saya bertemu dengan pak Supriyanj*ni. Orang dari bagian HR yang sebelumnya rajin sekali mengirimi saya surat keterangan dipenerimaan Kerja Praktek.

Oleh si Bapak, sambutannya ramah sekali. Disana saya juga diterangkan mengenai aturan yangada selama saya Kerja Praktek disini. Mulai dari aturan keselamatan,pastinya, hingga aturan tak tertulis mengenai etika bergaul dengan orang-orang disini. Ya sebagaimana beretika pada umumnya sih, asalkan kita bisa sopan,ramah, dan bersikap hormat pada orang, pasti orang-orang juga akan bersikap yang sama terhadap kita. Dan itu sudah saya buktikan, dan akan saya ceritakan nanti ya.

 Di HR saya dikasih perlengkapan safety standar: earplug, kacamata antiradiasi, masker, safety helmet, safety shoes. Sebenernya ada satu lagi perlengkapan safetynya, yaitu coverall. Tapi ga sempet motret. :D



Perlengkapan 'perang'

dan itu harus dipakai setiap saya ke lapangan. dan saya ke lapangan itu nyaris setiap hari. Catat: Nyaris setiap hari,saudara-saudara. Fiuhh.. Tapi sukaaaa....

Ga kebayang deh, sekarang yang tiap hari pake safety shoes gini, sekalipun cuma kegiatan di kantor, tetep pake juga, dan kalau besok saya kembali ber-flatshoes yang ringan itu,pasti serasa melayang deh ni kaki.

Okay, next, dari HR, saya langsung dianter sama mobil operational ke kantornya mentor yang juga akan menjadi 'kantor' kerja praktek saya. Di Production Departement. Soutern Area. Bad*k-Semb*r*h.
Sesampainya di kantor, langsung menemui sang mentor yang merupakan senior saya di kampus. Beliau alumni Teknik Perminyakan ITB. Jadinya ga tegang banget sih..
Oleh sang mentor langsung dikenalin ke seantero kantor, yang langsung disambut heboh sama orang-orang disana. Ya terus sang mentor bilang , kalau di site ini memang gak ada engineer cewek satupun. NOL. Makanya suka pada heboh kalau ada cewek yang 'nyasar' kesana. Biasalah.. yang biasanya 'gersang', serasa melihat oase kali. Hahaha. Inilah enaknya kalau berada di lingkungan mayoritas laki-laki, jadi berasa paling cantik sendiri. Hyaiyalaah kan emang cewek sendiri :)

Sebelumnya aku bilang kalau satu kamar dengan dua orang anak asal Malang kan, nah mereka itu di departement yang mengurusi jalur-jalur aliran gitu.. Haduh lupa lagi nama departement mereka itu apa. 
Terus diajakin ke ruang superintendentnya, dan si bapak superintendent, lagi - lagi alumni Teknik Perminyakan ITB juga. dan ramahnyaaaa bukan main. Oke banget deh Pak :)

Ngobrol-ngobrol bentar sama si bapak, kembali dengan dianter mobil operational, langsung cabut ke lapangan.  Jadi untuk hari pertama ini, overview lapangan aja. Ke Semb*r*h. Dan waktu tempuhnya dari Bad*k ke Semb*r*h sekitar 50 menit-an. Selama kerja praktek ini, saya memang akan sering bolak-balik Bad*k-Semb*r*h. Lalalalalaa... jauhhhh......

Nyampe sana, di salah satu sumurnya sedang ada proses instalasi Coil Tubing Gas Lift. Jadi itu adalah salah satu jenis dari Artificial Lift, ketika  tekanan dasar sumur sudah tidak mencukupi lagi untuk mengangkat minyak ke permukaan, sehingga dirancanglah metode pengangkatan buatan ini.
Untuk metode CTGL ini memang sangat jarang dilakukan karena selain syarat operationalnya yang ga bisa sembarangan, juga charge-nya mahal banget. 

Di lapangan Semb*r*ah cukup lama juga, dari jam 11-an pagi sampe jam 16.00 sore. Proses instalasi masih berlangsung yang kata mas-mas dari service company-nya, bakal selesai paling ngga ya tengah malam ini. Tapi sang mentor memutuskan buat balik ke Bad*k aja karena masih ada yang harus segera diselesaikan disana. Yaudah deh pulang, nyampe Bad*k itu jam 17.00.  Review dikit mengenai kegiatan dilapangan hari ini. Terus sekitar pukul setengah enam sore aku balik ke penginapan.

Semakin hari semakin saya rasakan dan yakini bahwa Saya benar-benar mencintai dunia saya sekarang ini. Cintaaaaa banget....
Terimakasih Ya Allah. Semoga 'dunia' saya saat ini beneran menjadi tempat yang tepat bagi saya,memberi manfaat pada orang-orang disekitar saya, orang - orang yang saya cintai,  dan tepat pula untuk menjadi semakin dekat padaMU..






*mohon maaf nama lapangannya harus disensor ya..rahasia negara soalnya. :)




















0 Kommentarer: