Artha Ratu Nauli

An over-thinker. Adventurer.
Graduated as Petroleum engineer.
Super random person you'll ever meet.

August 15, 2011

Safety First !

August12,2011. Hari kedua saya di kerja praktek ini, adalah mendapatkan pengarahan dari bagian HSE  atau merupakan singkatan dari Health Safety and Environment mengenai hal-hal apa saya yang harus dan tidak harus dilakukan selama di lapangan, agar tidak membahayakan diri sendiri, orang lain , dan lingkungan.

Pagi sekitar pukul 08.00 saya ke kantor HSE, tapi karena orang dari HSE yang akan saya temui itu lagi meeting, jadilah saya menunggu sampai kira-kira pukul 09.00 wita.     

Sambil nunggu ya saya sempetinlah ngobrol-ngobrol sama orang-orang disana yang lagi-lagi isinya pria semua. Tapi ya alhamdulillah mereka baik - baik dan bahkan oleh salah satu orang di HSE itu juga, badannya tinggi besar, rambutnya gondrong, kedua lengannya bertattoo gede-gede, malah ngasih saya safetyhelmet baru. Meskipn secara fisik orangnya serem, tapi ternyata dia super duper deh baiknya. Don't judge the book by it's cover.  :)  

Setelah sekian waktu nunggu, akhirnya orang yang ingin saya temui itu datang juga. Lalu saya langsung dikasih tau banyak hal mengenai keselamatan kerja. Dan sistem-sistem keselamatan kerja yang ada di perusahaan ini.  Ternyata kegiatan di HSE ga terlalu lama. Intinya bener-bener deh Safety First !  
Penjelasan mengenai HSE udah selesai, bakal dilajut lagi mengenai WI alias Wellhead Integrity. Tapi berhubung kata orang WI nya bakal ngejelasin abis makan siang, saya lanjut aja ke Bad*k Gas Plant. Nama 'kantor' saya.      

Sampai di sana, pas banget lagi mau ada presentasi dari seorang mahasiswa yang menyusun Tugas Akhir di sana. Analisa Plunger Lift dengan Injeksi Gas di Semb*r*h-xx. Jadi itu berbicara mengenai Plunger Lift System.  jadi itu lagi-lagi merupakan salah satu metode dalam Artificial Lift (udah tau kan apa itu Artificial Lift? kalau belum, baca postingan saya sebelumnya deh ya) yang menggunakan perpaduan antara Plunger dan Gas Lift. Tadiya saya mau upload video mengenai Plunger Lift-nya disini, tapi berhubung internet di lapangan sinyalnya jelek banget, jadinya menyusul aja yaa videonya.. :)

Jam 13.00 saya sms dulu orang WInya, katanya jam 16.00 aja. Jadi deh kosong lagi ga ada kerjaan. Jam 16.00 saya samperin lagi tuh kantor WI. Disana dijelaskan bahwa inti dari bagian WI adalah memastikan keamanan dan keselamatan Wellhead. Memastikan bahwa kondisinya secara fisik dalam keadaan baik dan tidak ada yang hilang.

Menjelang magrib, saya pun pulang ke penginapan.
O iya, di Kalimantan ini, biarpun panas, tapi ga terlalu bikin keringetan lho.. :)
Dengan kepala yang agak sakit, tidur-tiduran dulu. Dan seperti biasa, ga langsung mandi karena pasti bakal lama, mandinya abis berbuka aja :D



0 Kommentarer: