Artha Ratu Nauli

A woman. First daughter in family. An over-thinker. Adventurer. Dessert lover.
An engineer graduated from Petroleum Engineering ITB 2008.
Super random person you'll ever meet.

June 02, 2012

Tahu Gila ala Chef Artha

Jadi kali ini saya lagi pengen berbagi resep masakan nih. Dalam hal ini saya masih menganut ideologi kuno sih, bahwa wanita itu kurang lengkap kalau ga bisa masak. Walaupun saya juga masih amatir dalam hal masak-memasak. Tapi tak apa, here we go..

Kali ini saya akan beri info kalian tentang Tahu Bodo. Pertama kali makan ini di Warung Talaga-Cihampelas Walk Bandung. Ya makanan semi ringan-semi berat gitu. Bingung juga menggolongkannya, entah ringan entah berat. Kayaknya di tengah-tengah. Pas nyicip, ternyata enak. Pedes-pedes gurih seger gitu. Terus iseng-iseng coba bikin sendiri di kosan, dengan modal mengingat-ingat rasa. Dan saya lebih seneng menamainya Tahu Gila. Entahlah, lebih pas aja kayaknya.

Jadi, kalau versi Chef Artha (kan ceritanya lagi berbagi resep nih, jadi langsung dapet gelar chef lah ya), cara bikin Tahu Gila itu:



Bahan:

  1. Tahu kuning secukupnya. Tergantung daya makan kalian, mau banyak atau sedikit. Ukuran masing-masing tahu yang saya pakai 5cm x 5 cm x 2 cm.
  2. Cabe rawit yang warnanya orens (gak tau itu nama cabenya apa.hihi). Biasanya kalau saya bikin 4 tahu , cabe rawit orensnya 7.
  3. Bawang putih 3-4 butir. Kalau butiran bawangnya gede, 3 aja. Kalau agak kecil, 4.
  4. Kencur. Kira-kira panjangnya 0.8 cm - 1 cm, dengan diameter 0.5 cm.
  5. Garam secukupnya.
  6. Minyak goreng secukupnya.
  7. Sekali lagi saya ingatkan, takaran ini untuk 4 buah tahu yaa.. kalau mau bikin 100 tahu atau 2652347856452305 tahu, harus di-convert lagi takaran bumbunya. Okay.
Alat:
  1. Kompor (pastinya)
  2. Wajan.
  3. Sesuatu buat menggiling bumbu (sebaiknya cobek,bukan meja apalagi lantai).
  4. Pisau
  5. Piring
  6. Sendok
Prosedur pembuatan:
  1. Cuci bersih semua. Ingat, SEMUA. Alat dan bahan, tanpa terkecuali. Kalau perlu dikupas, maka kupaslah secara sempurna. Kebersihan sebagian dari iman bukan. Buat kesehatan juga. Kalau perlu, ingatan tentang kegundahan dan kerisauan juga dicuci bersih dulu biar masaknya enak.*loh*
  2. Goreng basah tahu-tahu. Goreng basah maksudnya adalah jangan sampai kering banget. Yang penting kegoreng aja. Kalau saya pribadi kurang suka sesuatu yg digoreng terlalu kering.
  3. Untuk bumbu: Giling halus bawang putih dan kencur. Lalu giling kasar cabe rawit orennya. beri sedikit garam.
  4. Setelah tahu selesai di goreng, angkat dan tiriskan. Matikan kompornya, ini untuk alasan keamanan. Safety First!
  5. Setelah tahu ditiriskan, letakkan tahu-tahu tak berdosa itu diatas cobek yang penuh dengan bumbu giling tadi. Penyet-penyetin deh si tahu itu di situ. Tapi jangan sampai halus, pecah-pecah aja, sambil dibalur-balurin bumbunya ke seluruh bagian si tahu yang udah di penyet-penyetin tadi.
  6. Pindahkan tahu yang sudah penyet dan berbalut bumbu tersebut ke atas piring.
  7. Taraaaaa... Tahu Gila siap disantap!
Nah, kalau saya biasanya makan ini sore-sore, sambil santai sore gitu.. Atau jadi tambahan menu buat makan pake nasi juga oke kok.

Ini contoh gambarnya, maaf ga sempet foto langsung, tapi intinya kayak gini nih kayak giniiiii....


Sumber: warungtalaga.com

Sumber: http://redcatyellowpumpkin.wordpress.com/

Selamat menggila dengan Tahu Gila! Hati-hati ya buat yang kurang tahan pedes.




3 Kommentarer:

Anonymous

"5cm x 5 cm x 2 cm", "panjangnya 0.8 cm - 1 cm, dengan diameter 0.5 cm"..
ini kita mau masak apa mau ngitung chef??
hahahaaa.....
oiya, cabe orens? enaknya yg orens tua apa orens muda?
Looking forward hearing from youuu...

lammm077

hmmm... menarik tha. Bikin dong buat anak2 himpunan :p

Artha Ratu Nauli

@anonymous : holaaa.. haha itu biar ukurannya jelas aja jadi kebayang..
cabenya yg orens muda aja.. lebih menarik warnanya. hehe

@lamda: boleh laamm..... nanti kapan2 gue bikinin dalam skala besar buat dimakan satu himpunan deh :)