Artha Ratu Nauli

A woman. First daughter in family. An over-thinker. Adventurer. Dessert lover.
An engineer graduated from Petroleum Engineering ITB 2008.
Super random person you'll ever meet.

February 09, 2014

Welcome to IPOH


Assalamualaikum

Segala puji bagi Allah , kali ini saya dapet kesempatan untuk mengunjungi Malaysia buat training. Istilah di kaminya 'school'. Jadi di company tempat saya bekerja, sebagaimana ya service company pada umumnya, akan 'menyekolahkan' para engineernya di seluruh dunia, dengan tujuan untuk pen-standar-an ilmu. Jadi biar engineer antara satu negara dengan negara lain tu ilmunya sama, berdasarkan standart nya perusahaan. Ilmu engineernya haji ali burhan Indonesia sama dengan ilmuanya engineer haji aliburhan norway. Gitchuu...

Nah, untuk divisi ane, schoolnya di Malaysia, dekat ya.. Tiap divisi itu beda - beda. Ada yang di Houston, Mesir, Dubai, Malaysia, dll.  Ya kata orang Indonesia sih deket.. Tapi kata orang spanyol jauh. Hhehehe.

Berlokasi di kota IPOH. Berjarak 3.5 jam dari KL. Dari bandara kami udah dijemput dan langsung diantar ke hotel di Ipoh. Perjalanan lewat (mirip) tol gitu, apa emang tol ya, ya gitu lah. Selama perjalanan pemandangannya biasa aja.  Agak mirip pemandangan di pingggiran kota di kalimantan timur, tapi agak mirip juga kayak pemandangan dari jakarta ke bandung lewat tol.

Sesampainya di Ipoh, ke hotel dulu istirahat bentar sambil bersih bersih badan. Waktu itu dari jakarta jam 8.30 WIB dan nyampe di KL jam 12an waktu KL. Jam 13.00-an berangkat ke IPoh. Nyampe Ipoh sore jam 4an. Kesan pertama: sepi bangeettt...

Sebelumnya udah dikasih tau sama beberapa temen kantor yang udah lebih dulu masuk dan lebih dulu school, katanya Ipoh itu sepi. Tapi ga nyangka ternyata sesepi ini. Bisa dibilang Ipoh ini adalah kota tua-nya Malaysia.

Berdasarkan yang saya baca, Ipoh jaman dulunya, jaman penjajahan Inggris, Ipoh merupakan pusat administratif terbesar (pertama atau kedua ya, lupa) di Malaysia.

Hmmm... pantess, disini tuh bangunan tua nya banyak banget. Hampir semua bangunan gedenya adalah bangunan tua. Tapi emang terawat sih. Bangunan besar, tua, warna putih, bergaya kolonial.
Bahkan ada taman kanak - kanak dengan gedung kolonial tua. Agak serem ga sih. haha

Jalanan yang lebar dan bersih. Dengan kendaraan yang tidak sehectic Jakarta. Sepi malah. Dan yang namanya nyari makanan itu lumayan tidak mudah. Gak semudah di Indo yang keluar dikit langsung banyak nemu pecel lele emperan, warung padang atau warung tegal. Di Ipoh? Bahkan di tempat yang katanya mall aja ga ada food court. Ada juga mall yang gak ada supermarket. Pokoknya kalau ngemall di Indo aja lah udah paling bener. Okesip.

Apalagi yah.. hmm.. oiya, hal lain yang saya notice adalah TAXI! Taxi di Ipoh itu tuaaa banget. Kebayang taxi jaman-jamannya film dono kasino indro, atau film nya roma irama yang lagi kejar kejaran sama Ani? Nah eta!

Orang jalan kaki ? Ga ada. Bahkan trotoar aja ga ada.

Hotel? Kayak hotel di Balikpapan.

Pokoknya Ipoh ini vintage city banget. Old school in one package. Konsistensi tema yang unik. :D

Kalau kata temen saya yang sempet beberapa tahun tinggal di Malaysia sih katanya yang ramenya emang cuma KL.. Baiklah..

Penduduk? Kayaknya didominasi oleh Melayu dan Chinesse ya..

So far Ipoh adalah kota yang nyaman karena sangat tidak hectic. Bersih. Tenang.

Btw ini baru hari kedua saya di Ipoh sih. Belum explore yang terlalu jauh..

Mohon doanya ya semoga saya lancar jaya schoolnya.

0 Kommentarer: