Artha Ratu Nauli

A woman. First daughter in family. An over-thinker. Adventurer. Dessert lover.
An engineer graduated from Petroleum Engineering ITB 2008.
Super random person you'll ever meet.

March 11, 2012

Mahasiswa SWASTA

Saya ga mau membahas mengenai perbedaan kampus negeri atau kampus swasta kok disini. Karena jaman sekarang nyaris ga da bedanya. Membahas mengenai tingginya biaya pendidikan tinggi di Indonesia, juga bukan. Atau nanti lah ya, mungkin suatu waktu saya akan bahas, tapi tidak saat ini. 


SWASTA disini adalah 'panggilan sayang' (penghalusan dari istilah 'guyonan' atau 'sindiran') buat mahasiswa tingkat akhir di ITB. SWASTA yang merupakan singkatan dari Sudah WAktunya Selesaikan TA (Tugas Akhir). Cukup manis bukan gelarnya. Masih kuliah, tapi sudah bergelar 'swasta'.


Nah. Berhubung saat ini saya sudah memasuki masa-masa akhir perkuliahan, maka dengan penuh suka-cita saya pun menerima penganugerahan gelar terhormat tersebut. Ya. SWASTA.  
Kakak SWASTA ngeri kaliiii....


Okay terimakasih.


Nah, sebagai swasta yang baik, apa sih yang harus dilakukan? Ya mengerjakan TA. Pasti. Tapi ga hanya itu. Di himpunan,atau organisasi lain yang ada di kampus, pada umumnya SWASTA sudah tidak memegang jabatan krusial lagi. Jadi tugasnya adalah memberikan bimbingan dan kontrol terhadap sistem yang tengah dijalankan oleh junior-juniornya.


Di organisasi di kampus saya, seperti himpunan ataupun unit, SWASTA sangat dihormati dan didengar suaranya. Maklum, mahasiswa SWASTA dianggap lebih sepuh (kok tua banget ya kesannya), lebih tau lah mengenai sistem karena ya memang lebih dulu terjun ke dalam sistem yang ada. Nah, dengan perlakuan yang begitu spesial dari junior-juniornya, saya akui terkadang ada beberapa swasta yang cenderung menjadi arogan, merasa argumennya selalu benar dan tak terbantah. Tapi lebih banyak kok yang justru sangat terbuka untuk membagi pengalaman dan ilmunya kepada junior. Bersikap lebih mengayomi.


Intinya, buat teman-teman SWASTA, marilah kita support adik-adik kita dalam menjalankan roda himpunan ataupun unit. Berikan selalu ilmu dan contoh-contoh positif kepada mereka, berdasarkan pengalaman yang sudah lebih dulu kita punya. 


Dan yang satu hal yang pasti, Hey, Sudah WAktunya Selesaikan TA ! :D

2 Kommentarer:

Alwand Ahmad Urkhan

weeeee.. ayooo ayoo semangat TA-nyaaa!

Artha Ratu Nauli

iyaaah.. hehhee.. deg degaan.. dan excited!