Artha Ratu Nauli

A woman. First daughter in family. An over-thinker. Adventurer. Dessert lover.
An engineer graduated from Petroleum Engineering ITB 2008.
Super random person you'll ever meet.

November 02, 2012

Kenapa?

Kalian kepikiran dan heran gak sih, atau di dunia ini cuma saya yang kepikiran sampai ga bisa tidur, ga bisa berkonsentrasi, sampai ga mood ngulik rumus TA , tentang kenapa Dona, suka banget pake jaslab kalau keliling kampus ITB? atau kenapa wakil presiden kita saat ini jarang banget berbicara ke publik, dan kenapa bapak penjual soto di belakang kampus ga beroperasi lagi.

Silahkan jawab sesukanya...

KARENA BUKAN ITU PERTANYAAN ASLINYA


Heran ga sih, kenapa beberapa nama-nama negara, oleh masyarakat kita malah di-Indonesiakan namanya? Di-Indonesiakan penyebutannya. Kenapa?

Tentu kita ga mau kan kalau ada orang lain yang seenaknya mengganti nama kita, penulisan nama kita yang kurang satu huruf aja kadang kita suka protes.. Apalagi kalau di-ubah-ubah?

Contohnya:

Kita sebut Polandia, padahal nama aslinya kan 'Polland', dan pengucapannya pun 'polla/en'.

Terus Perancis, kok ditulis P-e-r-a-n-c-i-s ? Padahal kan nama dia tuh 'française' atau bahasa internationalnya 'France'. Lalu kenapa kita dengan seenaknya nulis namanya dengan
p-e-r-a-n-c-i-s...

Korea Utara/ Korea Selatan. Memang, nama mereka tuh NorthKorea/South Korea, tapi ya itu namanya gitu... Kenapa harus di-translate?

Dan yang paling total adalah Pantai Gading, nama aslinya Côte d'Ivoire. Atau secara international disebut Ivory Coast. Lalu kenapa harus di-translate pake kamus inggris-indonesia menjadi 'Pantai Gading'?

Ya ini cuma pemikiran selewat aja sih, saya tidak terlalu paham mengenai ada atau tidak hukum mengenai aturan penamaan negara berdasarkan bahasa negara lain atau apapun...

Tapi kalau secara simpel,pemikiran dangkal aja nih, misalnya ada orang namanya Amir, itu kan dari bahasa Arab, yang kalau di-bahasaIndonesia-kan artinya pemimpin. Masa terus kita bisa panggil dia "hey pemimpin, maen yok."

Atau misalnya ada bule namanya Mr.Black. Ya masa kita panggil dia "mr.hitam". Gak gitu kan...

Jadi intinya gimana namanya ya panggil dan tulislah sesuai dengan nama dia... Kalau namanya Ivory Coast ya sebutnya Ivory Coast, kalau namanya France maka nyebut dan nulisnya ya France..


Kenapa harus di-traslate.... (?)




0 Kommentarer: